PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA STASIUN TELEVISI

Penulis : Faisal Irsyad Noer – Universitas Pamulang

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan proses memodelkan cara berpikir manusia dan mendesain suatu mesin agar dapat berperilaku layaknya manusia atau istilah lainnya disebut cognitive tasks, yaitu bagaimana mesin bisa belajar secara otomatis dari data dan informasi yang sudah diprogramkan. Kecerdasan Buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola.

Bila kita berbicara teknologi di stasiun TV, kita harus melihat bahwa belum sepenuhnya teknologi ini di gunakan dalam acara TV. Masih terdapat orang yang berkerja dalam bidang tersebut dan lembaga pendidikan yang terdapat Jurusan mengarahkan menjadi presenter. Stasiun TV di era saat ini seharusnya bisa memanfaatkan teknologi yang memudahkan pekerjaan presenter terutama di waktu malam. Namun masih ada masyarakyat yang merespon teknologi tersebut masih kurang terutama dalam ekspresi penyiar. Stasiun televisi adalah suatu stasiun penyiaran yang menyebarkan siarannya dalam bentuk audio dan video secara bersama-sama ke televisi penerima di wilayah tertentu. Stasiun televisi terbagi kedalam beberapa jenis yaitu stasiun televisi komersial dan stasiun televisi non komersial, stasiun televisi publik, lokal dan nasional,dilihat dari cakupannya.

Berikut ini adalah contoh penerapan kecerdasan buatan untuk mendukung siaran TV :

  • Robo (AI) Presenter robot ini berguna untuk menyiarkan berita secara nonstop setiap hari selama 24 jam. Setelah memahami kecerdasan buatan Robo dalam Penyiaran berita, kecerdasan buatan tersebut bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah penyiaran dalam waktu 24 jam. Pengembangan Robo AI dalam bidang Presenter membantu memperkuat konsep pemberitaan interaktif dan personal di era digital saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi AI. Namun, di sisi lain, penggunaan teknologi AI dalam penyiaran di stasiun TV¬† juga harus memperhatikan para pekerja yang sebelumnya bekerja sebagai presenter. Penting bagi Stasiun TV memberikan solusi. Dalam pengembangan Robo AI Presenter juga harus memperhatikan dalam hal ekspresi dan cara menyampaikan agar masyarakyat bisa memahami apa yang di sampaikan dan dapat mudah di mengerti serta tidak monoton.