TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MEDIA SOSIAL
Penulis : Maulana Eka Prasetyo – Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang
Artificial intelligence, atau dikenal juga dengan istilah kecerdasan buatan, merupakan sebuah ilmu yang berkaitan dengan kegiatan meningkatkan kepintaran mesin. Dengan kata lain, agar dapat membuat sebuah mesin menjadi pintar, manusia yang pada dasarnya memiliki kemampuan untuk bergerak, berpikir, berbicara, melihat, dan mendengar, harus mengajarkan dan membiasakan mesin tersebut agar dapat memberikan manfaat lebih bagi manusia.
Dalam keseharian sering kali kita menggunakan teknologi AI. AI ternyata digunakan dalam media sosial dan bahkan memiliki peran penting karena menjadi komponen kunci. Bahkan, kini banyak perusahaan pemasaran fokus pada pemanfaatan media sosial untuk memperoleh keuntungan yang lebih maksimal.
Manfaat Teknologi Artificial Intelligence dalam media sosial yaitu :
- Konten yang lebih relevan : AI dapat membantu menyaring konten yang relevan dan menyesuaikan algoritma untuk menampilkan konten yang paling relevan untu setiap pengguna berdasarkan perilaku mereka.
- Meningkatkan pengalaman pengguna : Dengan AI media sosial dapat menampilkan konten yang disesuaikan dengan preferensi dan perilaku pengguna. Ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat mereka lebih terlibat.
- Pendeteksian konten berbahaya : AI dapat membantu mendeteksi konten berbahaya seperti kekerasan atau tindakan terorisme, sehingga dapat dihapus dari platform dengan lebih cepat.
- Pengelolaan risiko : AI dapat membantu mengidentifikasi dan mengelola risiko seperti penipuan dan spam, serta memperkuat keamanan dan privasi pengguna.
- Layanan Pelanggan : AI dapat membantu memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan responsif melalui chatbot yang memproses pertanyaan pengguna dan memberikan jawaban yang sesuai.
- Pemasaran yang lebih efektif : AI dapat membantu pemasar mengidentifikasi dan menargetkan audiens yang tepat, serta memberikan rekomendasi produk dan layanan yang sesuai dengan preferensi dan perilaku pengguna.
Dengan mengunakan Artificial Intelligence sangat membantu pengguna media sosial dalam kesehariannya.
Ada beberapa Kelebihan dan kelemahan AI dalam media sosial, yaitu :
Kelebihan :
- Dapat menyimpan video yang ada di media sosial.
- Memberikan kemudahan saat kita mencari akun yang ada di media sosial.
- Dapat dengan mudah mencari konten yang kita inginkan.
Kekurangan :
- Biaya yang mahal.
- Mudah dibobol seperti, Privasi kita mudah diretas oleh orang lain.
- Sering mengalami gangguan yang menyebabkan data dan informasi kita di dalam media sosial hilang.
Kesimpulan dari saya adalah, dengan adanya ariticial intelligence (AI) pada era globalisasi seperti sekarang ini dapat memungkinkan komputer, robot, hingga perangkat lunak memiliki kemampuan berpikir layaknya manusia. Konsep AI berdasarkan pada penelitian terhadap bagaimana cara bekerja otak manusia, seperti : belajar, menyelesaikan masalah, dan mengambil kesimpulan.