Implementasi Artificial Intelligence dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline

Nama : Aang Suryana | Universitas : universitas pamulang
Fakultas : Ilmu Komputer | Prodi : Teknik Informatika

Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan adanya artificial intelligence (kecerdasan buatan) dalam dunia pendidikan khususnya untuk memetakan karakteristik, kompetensi, dan perkembangan psikologi siswa sekolah dasar di Indonesia.

 Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menelaah hambatan, manfaat yang diperoleh, serta faktor yang mempengaruhi dari penerapan artificial intelligence.  Penelitian ini didasarkan atas kemajuan teknologi yang didominasi pada dunia industri, telekomunikasi dan informasi, serta sektor yang lain, sehingga pemanfaatan suatu teknologi mutakhir perlu dimaksimalkan bagi kepentingan dunia pendidikan.

 Penerapan artificial intelligence ini dilakukan berbasis offline karena kondisi koneksi internet di Indonesia kurang stabil dan merata. Pandangan ilmu filsafat tentang teknologi ini bahwa suatu teknologi mutakhir seyogyanya digunkana untuk keperluan positif terutama bagi kepentingan umat manusia, bukan digunakan untuk hal-hal negatif seperti untuk peperangan, pemusnahan massal, maupun hal-hal lain yang dapat merusak kehadiran teknologi itu sendiri.

Kompetensi orang tua dan guru dalam memahami perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dapat dilatih dan ditingkatkan dengan hadirnya teknologi artificial intelligence oleh sebab itu, diharapkan melalui penelitian ini akan memicu munculnya inovasi-inovasi baru dalam bidang pendidikan di masa mendatang.

Pendahuluan Kita tidak sadar bahwa perkembangan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Sains) terjadi dengan cepat.Perkembangan IPTEKS yang diiringi dengan rasa tanggung jawab yang tinggi akan membawa kemanfaatan bagi semua orang yang menggunakan teknologi tersebut. Dampak negatif pun dapat dikurangi dengan adanya sikap kehati-hatian dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Banyak manfaat yang dapat diambil dari perkembangan IPTEKS, salah satunya yakni dalam dunia pendidikan. Peran IPTEKS dalam dunia pendidikan diantaranya dapat memudahkan guru untuk mengakses sumber belajar melalui internet.

Meskipun begitu, hadirnya teknologi mutakhir dalam dunia pendidikan dirasa masih sangat minim ditemukan terutama di Indonesia. c 2017, ISBN: 978-602-55661-8-9 Proceeding KMP Education Research Conference Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) Universitas Negeri Yogyakarta 2017 21st Century Trends and Innovations in Education Endeavor: Integrating 21st Century Skills Into Practice Implementasi Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline Ahmad Sudi Pratikno1 1Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta 1ahmadsudi.ibnsuman@gmail.com 19 Berbagai kendala muncul seperti akses sekolah yang masih sulit, infrasturktur kurang maksimal, dan masalah-masalah lain.

Salah satu teknologi mutakhir yang dapat diterapkan pada dunia pendidikan yakni teknologi artificial intelligence atau sering disebut sebagai kecerdasan buatan. AI (Artificial Intelligence) merupakan teknologi yang dapat digunakan manusia sebagai asisten bergerak layaknya robot namun keberadaannya berupa tampilan virtual dalam suatu sistem komputer. Dapat diambil contoh misalnya di suatu kota akan diterapkan teknologi AI yang berfungsi untuk menyiram tanaman di alun-alun dan daerah sekitarnya.

Apabila ditinjau dari sudut pandang sains komputer ini sangat inovatif, namun apabila dibenturkan dengan unsur sosiologi dan ekonomi, hadirnya teknologi AI akan menyebabkan banyak pengangguran karena peran petugas kebersihan semakin berkurang. Fasilitas dan sarana yang mencukupi menjadikan beberapa negara eropa dan amerika telah memulai riset mengenai AI untuk diterapkan di berbagai sektor mulai dari pendidikan, ekonomi, maupun bidang pertahanan negara.Negara yang cukup sering melakukan riset tentang AI ini adalah Amerika Serikat dan China. Beberapa prosiding menyajikan pemanfaatan AI di dunia pendidikan dengan melibatkan berbagai jenjang pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.   Pemanfaatan yang terlihat antara lain seperti AI sebagai asisten digital dalam menampilkan tutorial pembelajaran, sebagai sistem dalam mengevaluasi siswa, sebagai sistem dalam layanan obrolan siswa, serta contoh-contoh lainnya.

Masalah yang kompleks pada dunia pendidikan di Indonesia adalah salah satu penyebab mengapa teknologi ini sulit diadopsi di negara kita, meskipun sebenarnya teknologi ini telah lama ditemukan dan berkembangan luas di luar negeri.Pada pembahasan kali, penelitian yang akan dilakukan adalah dengan menerapkan teknologi AI sebagai asisten digital yang mampu memetakan karaktersitik, kompetensi, serta perkembangan psikologi siswa SD di Indonesia melalui suatu jaringan sistem offline.

 Semua sekolah terutama SD dapat mengunduh aplikasi dari sistem ini dengan menerapkan jaringan tipe LAN (Local Area Network) dan apabila ingin mensinkronkan dengan data di server pusat, hanya dengan menyalakan internet kemudian dilakukan sinkronisasi dari data lokal pada masing-masing sekolah. Harapannya adalah hadirnya teknologi ini akan memudahkan siswa, guru, orang tua, serta pihak-pihak terkait untuk melakukan monitoring dan upaya peningkatan dalam rangka menciptakan pembelajaran yang berkualitas yang nantinya akan melahirkan generasi-generasi muda yang unggul. Kajian Pustaka Artificial Intelligence Teknologi AI adalah salah satu bentuk kemajuan yang sangat pesat dari perkembangan IPTEKS di dunia. Dunia pendidikan adalah salah satu bidang yang dapat mengadopsi adanya teknologi AI.

            Teknologi juga diadopsi dalam dunia permainan (game) acting humanly yang berarti bahwa AI adalah suatu mesin yang mampu menampilkan kegunaan dengan melibatkan kemampuan intelijen pada saat ditampilkan oleh manusia, serta mampu berbuat sesuatu saat ini yang memiliki kualitas lebih baik dari manusia  acting rationally menunjukkan bahwa AI dirancang untuk menciptakan agen yang cerdas melalui penciptaan menggunakan sistem yang canggih.Berdasarkan beberapa pendapat dari ahli-ahli tersebut, maka dapat ditarik sintesis bahwa teknologi AI merupakan teknologi yang menciptakan sebuah sistem dan memungkinkan komputer sebagai salah satu mediumnya dalam rangka melakukan proses interaksi dan memudahkan manusia dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Sumber : https://www.researchgate.net/profile/Ahmad-Pratikno/publication/326587213_Implementasi_Artificial_Intelligence_dalam_Memetakan_Karakteristik_Kompetensi_dan_Perkembangan_Psikologi_Siswa_Sekolah_Dasar_Melalui_Platform_Offline/links/5b581372aca272a2d6670be8/Implementasi-Artificial-Intelligence-dalam-Memetakan-Karakteristik-Kompetensi-dan-Perkembangan-Psikologi-Siswa-Sekolah-Dasar-Melalui-Platform-Offline