PENYULUHAN DAMPAK DARI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN GAME ONLINE SECARA BERLEBIHAN

Di era teknologi yang sangat berkembang pesat saat ini, internet, media sosial dan game online bukan lagi hal yang baru karena di setiap keseharian kita pasti berhubungan dengan hal tersebut. Pada pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat semester ganjil tahun 2022/2023 diketuai oleh Sayyid Adzeem Farhan yang beranggotakan Aditya Nur Hakim, Chandrika Komara Tungga, Hilda Febrianti, Novelia Ramadhani, Perani Shakina, Rangga Ariansyah, Rizky Setyaning Gusti, Salsabila Asya Assaffah, dan Tubagus Ardian Maulana.

Gambar 1. Sambutan dari Kepala Sekolah dan Dosen Unpam

PKM dilaksanakan di SDN KADEMANGAN 1 yang berlokasi di Jl. Raya Serpong No.15, RT.1/RW.2, Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten. Kegiatan PKM di SDN KADEMANGAN 1 ini dikhususkan untuk kalangan remaja yang usianya sepantaran siswa/i SD, yang sesuai dengan temanya, yaitu “Dampak Dari Penggunaan Media Sosial Dan Game Online Secara Berlebihan”. Di era globalisasi ini, ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal tersebut terjadi karena untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Bahkan tidak dapat dipungkiri hadirnya internet semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam sektor sosial, pendidikan, dan sektor lainya. Perkembangan media sosial ini membuat kinerja menjadi lebih cepat, tepat, akurat sehingga dapat meningkatkan produktifitas yang maksimal. Media sosial bagi para remaja merupakan hal yang penting, tidak hanya sebagai tempat untuk memperoleh informasi tetapi juga sudah menjadi lifestyle atau gaya hidup untuk mereka.

Gambar 2. Pemaparan Materi Sesi 1

Terutama pada penggunaan internet untuk game online yang rata-rata berusia remaja ini, cendrung memiliki dampak yang tidak baik jika digunakan secara berlebihan. Pada dasarnya game online adalah sarana hiburan atau pengisi waktu luang. Tetapi ada pula yang kesulitan mengendalikan kebiasaan bermain game mereka sehingga menjadi kecanduan. Keadaan tersebut yang menyita waktu mereka dan aktivitas yang terganggu, seperti sekolah, belajar, makan, tidur, bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan membantu orang tua.

Dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, kami para mahasiswa/i dapat membatu para siswa/i agar dapat mengetahui dampak dari penggunaan media sosial dan game online secara berlebihan. Sehingga siswa/i yang memperhatikan kegiatan penyuluhan kami tersebut mulai mengerti cara membagi waktu yang baik, mengambil sisi positif dan mengurangi sisi negatifnya.

Gambar 3. Foto Bersama Siswa/i pada sesi 1

Dengan memiliki pengetahuan akan pentingnya berinternet yang sehat, dapat membuat siswa/i SDN Kademangan 1 lebih bijak dalam menggunakan media sosial seperti mengenai informasi yang tersebar agar tidak termakan berita hoax serta tidak melalukan cyber bullying dan juga lebih bijak dalam menggunakan game online agar tidak terjadi gangguan pada otak, serta tidak mengalami penurunan konsentrasi belajar. Diharapkan agar siswa/i dapat menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Gambar 4 Pemaparan Materi Sesi 2
Gambar 5. Penerimaan Doorprize kepada siswa
Gambar 6. Foto Bersama Siswa/i pada sesi 2
Gambar 7. Penerimaan Plakat kepada Kepala Sekolah SDN Kademangan 1
Gambar 8. Foto seluruh anggota PKM

Penanggungjawab Berita/Kegiatan: Sayyid Adzeem Farhan